--> Cara Setting Pengereman PAKEM di Game ETS 2 - Bus Banther si Gajah Pantura Blog Tutorial Belajar CorelDraw Indonesia

Cara Setting Pengereman PAKEM di Game ETS 2




Pernah merasa kesal saat sedang asyik ugal-ugalan layaknya sugeng rahayu serobot sana sini dengan kecepatan yang tinggi. tapi tidak menutup kemungkinan  sering terjadi kecelakaan disebakan pengereman yang tidak pakem. walaupun ETS 2 merupakan game simulator dan bersifat santai namun skill yang dibutuhkan tidak main -main.

hleh karena itu, bagaimana cara mengemudi tetap ugal-ugalan lebih seru ? yaitu jika kalian bisa mensetting rem pada game ETS 2 secara benar.

Bicara tentang topik yang akan dibahas, yaitu tips pengereman dalam Euro Truck Simulator 2 saya punya pengalaman kecil untuk para pemula terkait cara  masalah pengereman truk. Soalnya apabila hanya sebatas menggunakan brake standar yaitu dengan menekan tombol "S" atau "Arrow Down" biasanya akan terjadi perlambatan dari segi pengangkatan mesin. 

Maksudnya disini semisal kalian  sedang dalam jalanan menikung, menggunakan brake standar terlalu pakem mengakibatkan kelambatan saat mesin mencoba mengangkat laju truk. Disini saya punya tips lain bagi kalian  yang belum mengerti cara pengereman selain menggunakan brake standar. Simak tipsnya berikut ini.

Berikut ini 3 Cara Pengereman pada Euro Truck Simulator 2


  •  Memakai Retarder


Pengereman dengan retarder memungkinkan pengangkatan mesin yang cenderung lebih enteng. Cara kerja pengereman retarder yakni sebagai alternatif pengereman utama, biasanya ada pada sebuah kendaraan berat seperti kereta, bis dan truk karena sistem pengereman dengan retarder tanpa adanya gesekan. Jika terlalu fokus dengan pengereman utama tentu berdampak rem yang mudah aus.

Dalam ETS 2 sendiri untuk mengaktifkan pengereman retarder ada dua cara, yakni otomatis dan manual.

Otomatis, kalian  masuk saja "Option - Gameplay" lalu centang pada "Automatic Retarder". Retarder akan aktif sendiri saat kita melakukan pengereman dan non-aktif jika jika melepaskan pengereman
Manual, setting saja di konfigurasi control button keyboard sesukalian  untuk mengaktifkan retarder. Disitu ada retarder increase (menaikkan) dan retarder decrease (menurunkan). Tingkatan retarder ada lima tingkat (Scania), semakin tinggi akan semakin pakem pengeremanmu.

Tapi perlu kalian  ingat, hati-hati saat menggunakan retarder. Jika kalian  dalam keadaan menikung dan mendadak menggunakan retarder dengan tingkatan lima, siap siap panggil 911. Karena Truk kalian  sudah pasti terguling, wkwkwk.

  • Memakai Exhaust Brake


Jika kalian  masih menggunakan ETS 2 versi 1.16 keatas  kalian  akan menjumpai menu exhaust brake pada kontrol menu ETS 2. Penjelasan singkat exhaust brake ini adalah alternatif tambahan dari pengereman utama. Model pengereman seperti ini sering ditemukan pada kendaraan diesel salah satunya truk dan bis. 

Fungsinya sendiri yakni untuk membantu dalam memperlambat laju kendaraan. Perlu diingat Exhaust Brake atau rem gas buang hanya sebatas membantu memperlambat laju, dan tidak sampai hingga menghentikan kendaraan. Karena sistem kerjanya hanya menahan putaran mesin tidak menekan ban seperti kampas rem. 

Cara mengaktifkannya, kalian  cari tombol exhaust brake dengan masuk konfigurasi control button keyboard dan pilihlah tombol yang yang nyaman pada jari kalian.

  • Memakai Cruise Control Decrease

Jika kalian  sudah menggunakan ETS 2 versi 1.2 keatas kalian  akan menemukan fitur menu cruise control decrease pada menu setting button keyboard. Sepertinya itu menggantikan menu exhaust brake, soalnya menu tersebut sudah tidak ada. 

Cara menggunakan cruise control decrease untuk menambah pengereman secara halus yang bisa kalian  aktifkan di konfigurasi control button dan di gameplay. Untuk di Gameplay kalian  cari "Cruise Control Grip Step", lalu kalian  atur sesusai seleramu besaran pengurangan dalam pengereman, ada per 1km/jam hingga 5km/jam.

Demikian beberapa tips cara pengereman pada Euro Truck Simulator 2, semoga menambah tips baru untuk permainanmu. silahkan tinggalkan komentar.

Comments