--> Macam-Macam Mod Dalam Euro Truck Simulator 2 - Bus Banther si Gajah Pantura Blog Tutorial Belajar CorelDraw Indonesia

Macam-Macam Mod Dalam Euro Truck Simulator 2

Macam-Macam Mod Dalam Euro Truck Simulator 2



Macam-Macam Mod Dalam Euro Truck Simulator 2

Euro Truck Simulator 2 atau yang biasa disingkat dengan sebutan ETS2 merupakan permaian genre simulator mengemudi untuk komputer atau laptop dengan OS windows. Game ini diluncurkan pada tahun 2012 oleh developer yang bernama SCS Software.

Selain game play yang menarik dari Game ETS 2 selain itu game ini mendukung para pemainnya untuk melakukan modifikasi pada gamenya. baik di mod truck atau merubah bentuk menjadi kendaraan lainya seperti Bus atau Minibus dan Mobil pribadi. namun tidak hanya sebatas kendaran beberapa macam mod yang bisa dilakukan dalam ETS 2.

Mengenal Apa itu Mod?

Mod adalah singkatan Modifikasi biasanya digambarkan berupa bentuk file tambahan game atau memodifikasi dari bagian game yang sudah ada. jika di ETS 2 sendiri beberapa katagori yang bisa dimod karena ETS 2 ini termasuk game open source walaupun untuk mengaksesnya membutuhkan lisensi key.

Mod itu sendiri bisa kalian buat sendiri ataupun kalian bisa mencari dari berbagai sumber di internet dengan cara mendownloadnya. dan memasangkan nya kedalam game ETS 2 kalian (baca disini).

Manfaat Mod dalam game ETS 2? 

Manfaat fungsi mod dalam game ETS2 adalah menambah pengalaman menarik dalam memainkan game ini. dimana kalian bisa melakukan eksplorasi kreatifitas kalian bersama teman komunitas kalian.


Berikut ini beberapa macam katagori yang bisa kalian Mod (modifikasi) didalam game ETS 2 :

  • Mod Vehicle (Mod Kendaraan)


Ini adalah mod yang bisa merubah kendaraan yang dipakai didalam game ETS2, mod ini termasuk dalam kategori mod truck, mod bus, mod mobil. Untuk bisa memakai mod ini biasanya anda diharuskan mengunjungi dealer dan membeli kendaraan yang sesuai dengan anda download.

  • Mod Map


Dari namanya kita sudah tau bahwa ini adalah mod untuk memakai map baru. Ada 2 jenis map di ETS2, Map Add-On dan Map Standalone. Map add-on adalah map tambahan dari map original sedangkan Map Standalone adalah map yang menggantikan map original, jika anda makai map standalone maka harus New Game dan merubah Playing Module.

  • Mod Traffic Kendaraan



Ini adalah mod yang berfungsi agar lalu lintas jalanan di dalam game menjadi lebih bervariasi. Anda tidak bisa memakai mod jenis traffic untuk di kendarai. Mod traffic bisa anda tambahkan sebanyak-banyaknya, agar lalu lintas tambah ramai dan bisa menyebabkan kemacetan.


  • Mod Skin / Livery


Hampir disemua game anda bisa merubah skin dengan skin yang kita mau. Seperti merubah warna, gambar, tulisan ataupun motif. Kalau anda memakai mod bus di ETS2, skin ini biasa disebut dengan Livery.


  • Mod Aksesoris


Mod ini berfungsi untuk melengkapi bagian dari mod truck atau bus agar menjadi lebih menarik. Setelah anda pakai mod aksesoris, maka harus ke bengkel untuk menemukan aksesorisnya. Biasanya aksesoris ada di bagian interior, untuk memakai aksesoris boneka.

  • Mod Sound

Mod sound ini berfungsi untuk mengganti suara kendaraan yang masih standar pabrik pada game ini. Dengan memakai mod ini maka suara-suara bisa dirubah sesuai keinginan kita, suara yang dapat diganti antara lain adalah suata klakson telolet, suara rem, suara mundur dan lain-lain.

  • Mod Graphic


Untuk menghasilkan gambar yang lebih asli, maka anda harus menambahkan mod graphic kedalam game ETS2. Ada banyak yang dirubah jika menggunakan mod graphic ini, seperti cuaca, awan, pohon, aspal, hdr.

Nah itulah beberapa jenis-jenis mod yang ada pada game Euro Truck Simulator 2. sebelum kalian menggunakan mod harap perhatikan versi mod yang akan di download dan kompetibel dengan ETS 2 yang kalian miliki. misalnya ETS versi 1.30 mod yang didownload adalah untuk versi 1,30 tidak bisa digunakan mod yang versi 1.23.

silahkan tinggalkan komentar.

Comments